Senin, 24 Desember 2012

Demografi dan Iklim Kota Medan

Kota Medan adalah kota keempat Indonesia yang paling padat penduduknya setelah Jakarta, Surabaya, dan Bandung, dan kota terbesar di Indonesia di luar pulau Jawa. Sebagian besar penduduk terletak di luar batas kota, khususnya di Deli Serdang.

Kota ini memiliki komunitas yang beragam, yang mencerminkan sejarah. Namun, The Mandailings juga tinggal di sini dalam jumlah besar dan bekerja di posisi pemerintah yang paling strategis. Selain itu, ada komunitas besar etnis Jawa, sebagian besar terdiri dari keturunan orang diangkut dari Jawa pada abad terakhir untuk dipekerjakan sebagai pekerja kontrak di berbagai perkebunan di Sumatera Utara. Mereka biasanya dikenal sebagai Jadel (Jawa Deli / Deli Jawa) atau Jakon (Jawa Metropolitan Land Afiliasi / Kontrak Jawa), dan, dengan masyarakat Jawa lainnya di Sumatera, Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera / Sumatera-Jawa kelahiran). Kehadiran mereka di Medan dapat ditandai dari toponymies Jawa berbagai Medan, seperti Harjosari, Sarirejo, Sidodadi, Sidomulyo, Sidorame, Sidorejo, Sitirejo, Sudirejo, Tanjungrejo, Tanjungsari, Tegalrejo, Tegalsari, dll

Sebuah komponen sangat terlihat penduduk Medan adalah jumlah besar Cina, yang sangat aktif di sektor bisnis, dan tidak seperti etnis Tionghoa di banyak bagian lain dari Indonesia, mereka terus berbicara Hokkien. Kota ini juga menjadi tuan rumah sebuah komunitas yang cukup besar keturunan Tamil yang umumnya dikenal sebagai keling. Sebuah lingkungan terkenal Tamil Kampung Keling. Selain bahasa Indonesia, Melayu, Mandailing, Minangkabau, Karo, Jawa, Hokkien, Tamil, Aceh, dan Inggris dituturkan.

Berdasarkan klasifikasi iklim Köppen, Medan memiliki iklim hutan hujan tropis dengan musim kemarau tidak ada yang nyata. Medan memang memiliki terasa bulan basah dan kering, dengan bulan yang paling kering (Februari) rata-rata melihat sekitar sepertiga dari curah hujan bulan terbasah nya (Oktober). Suhu rata-rata di kota sekitar 27 derajat Celcius sepanjang perjalanan tahun. Curah hujan tahunan di Medan adalah sekitar 1800 mm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar