Jumat, 29 Maret 2013

Situs Khusus Untuk Kencan Untuk Muda-Mudi Berpenyakit Kelamin



Punya penyakit kelamin yang susah disembuhkan bisa membuat orang susah mendapatkan jodoh yang diinginkan. Stigma negatif yang melekat pada penyakitnya sering membuat orang tersebut dikucilkan, tidak bebas bergaul seperti yang lain.

Kate (36) misalnya, perempuan asal Manchester ini sulit mendapatkan jodoh yang diharapkan gara-gara mengidap herpes kelamin. Kadang ia bertemu dengan pria yang diidamkannya, tetapi segera putus begitu mengetahui dirinya punya pengyakit kelamin.

"Itu terjadi dalam percakapan dan saya sangat ketakutan. Itu menghancurkan kami. Dia tidak memberikan kesempatan sama sekali," kata Kate seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (30/3/2013).

Dalam kenyataan, banyak orang menganggap pengidap penyakit kelamin adalah penganut seks bebas yang suka gonta-ganti pasangan. Kenyataannya, tidak sedikit yang hanya menjadi korban. Setia dengan satu pasangan, namun tetap tertular karena justru pasangannya yang sering gonta-ganti.

Peduli terhadap nasib para pengidap penyakit kelamin, sejumlah situs perkencanan muncul di Inggris. Sejumlah nama seperti DatePositif, H-YPE dan H-Date adalah beberapa contoh situs kencan yang dikhususkan bagi para pengidap penyakit kelamin.

Begitu masuk sebagai anggota, pasien bisa mencari pasangan dengan masalah yang sama sehingga bisa saling memahami dan menerima keadaan masing-masing. Anggota bisa menggunakan fasilitas mesin pencari untuk menemukan kecocokan tertentu, misalnya jenis penyakit yang sama.

Namun kemunculan situs-situs seperti ini bukan tanpa kritikan. Beberapa aktivits menilai, pengidap penyakit kelamin tidak harus membatasi pergaulan selama bisa menjaga perilaku dan memastikan bahwa penyakitnya tetap terkontrol lewat pengobatan.

"Situs-situs tersebut bisa membuat orang berpikir 'sekarang aku punya penyakit kelamin dan aku bu6tuh jodoh sesama orang yang punya penyakit kelamin'. Tetu orang tidak harus membatasi calon pasangan yang potensial," kata Marian Nicholson, direktur Herpes Viruses Association (HVA).

Apapun itu, pengidap penyakit kelamin yang berminat untuk bergabung dalam situs-situs kencan semacam ini tidak sedikit. DatePositive misalnya, punya lebih dari 6.000 anggota sedangkan UK Positive Singles punya 30.000 anggota di Inggris dan 100.000 anggota di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar